Saran teknis

Ini dia hal-hal yang wajib Anda ketahui tentang ban. Apa itu ban. Cara memilih ban. Apa yang harus diperhatikan. Bagaimana ban dibuat. Bagaimana memeriksa ban, dan banyak lagi. Semakin banyak yang dipelajari, semakin besar usaha Anda  merawat ban dan uptimeny

I) Apa Itu ban

Bagaimana ban dibuat

BAGAIMANA BAN DIBUAT
Sebuah ban tersusun atas lebih dari 200 bahan berbeda. Namun, komponen utamanya adalah karet alami, karet sintetis, baja, bahan kain, dan karbon hitam. Banyak senyawa yang berbeda dapat terdapat dalam satu ban, karena setiap bagian ban memiliki fungsi yang berbeda.

 

Lihat videonya

 3 LANGKAH UNTUK MEMILIH BAN

1)Tentukan penggunaan yang benar untuk ban Anda. Buatlah pilihan Anda dari rangkaian ban MICHELIN. Setiap rangkaian sudah sesuai dengan persyaratan dan kondisi penggunaan yang berbeda untuk berbagai jarak dan jenis penggunaan (jarak jauh, perkotaan, off-road ...).

 

2) Tentukan ukuran ban yang tepat. Beban maksimum untuk as ditentukan produsen kendaraan dan sesuai peraturan yang berlaku. Ban yang pas sehingga bisa membawa beban lebih berat ke as roda tidak berarti membuatnya bisa sering membawa beban lebih besar dari yang disetujui oleh pabrikan. Ada roda yang sesuai dengan setiap ukuran ban truk atau ban (lebar pelek): berkonsultasilah dengan Manual Standar ETRTO dan / atau rekomendasi pabrik pembuatnya. Jangan sekali-kali memasukkan ban ke pelek yang tidak sesuai: ada risiko kerusakan pada roda dan / atau ban, patch kontak yang tidak mencukupi, selama kerja casing, daya cengkeram dan umur ban juga dapat terpengaruh.

 

3)  Memilih pola tapak yang tepat Ikuti kriteria untuk memilih pola tapak ban truk sesuai dengan posisi as roda pada kendaraan: F untuk Gandar Depan, D untuk Drive Axle, T untuk Gandar Trailer, Z untuk semua posisi.

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang penggunaan ban kami dengan tepat.

Full Product Databook

II) Bagaimana cara membaca dinding samping ban

UKURAN & IDENTIFIKASI

Ada lebih banyak sisi ban ban daripada ukuran ban. Sebenarnya, bisa ada sebanyak 25 ikon dan deskripsi yang berbeda. Pelajari cara membacanya, apa maksudnya, dan bagaimana Anda bisa memilih ban yang sempurna untuk Anda.

 

Cara melihat ukuran ban

tyreid

tyreid

Tyre position diagram

Tyre position diagram

 

Cara membaca identifikasi DOT

The Departement of Transportation ( DOT ) adalah nomor identifikasi ban anda. Dengan kata lain, seperti akta kelahiran untuk ban anda. Tanda tersebut menunjukan dimana ban anda diproduksi , minggu , dan tahun ban itu diproduksi dan banyak lagi.


Penandaan tapak Michelin: identitas untuk setiap ban

Michelin menggunakan nama, nomor atau huruf tertentu untuk mengidentifikasi aplikasi, pola tapak, konstruksi atau manfaat casing. Dan mulai tahun 2012, Michelin mulai memperbarui nama ban truk komersial dan tanda sidewall untuk membuat penggunaannya lebih dipahami oleh pelanggan kami. Nama baru seperti MICHELIN® X® MULTI ™, X® LINE ™ dan X® WORKS ™ mudah terlihat di dinding samping.

 

DESAIN TELAPAK

Desain Telapak Rib

Karakterisasi: Alur ditempatkan sejajar dengan manik-manik, sehingga membentuk tulang rusuk, mulai dari kedalaman tread dari 11 / 32nds sampai 23 / 32nds.Benefits: Biasanya secara signifikan lebih baik untuk penghematan bahan bakar, meski tidak memberikan traksi basah atau salju yang disempurnakan. Posisi: Biasanya ditemukan pada as roda kemudi truk / traktor dan pada as roda rolling lainnya seperti trailer, boneka, tag dan as roda pendorong. Juga ditemukan pada torsi torsi saat traksi bukan prioritas tinggi.

 

 

 

 

Desain Telapak Blok atau Lug

Karakterisasi: Alur ditempatkan sejajar dengan bad, sehingga membentuk tulang rusuk, mulai dari kedalaman tread dari 11 / 32 sampai 23 / 32. Kelebihannya: Biasanya secara signifikan lebih hemat bahan bakar, meski tidak memberikan traksi basah atau salju yang disempurnakan. Posisi: Biasanya ditemukan pada as roda kemudi truk / traktor dan pada roda berputar lainnya seperti trailer, boneka, tag dan roda pendorong. Juga ditemukan pada torsi as saat traksi bukan prioritas tinggi.

rib tread design

rib tread design


 

block tread design

block tread design

III) Pemeliharaan & Keselamatan

Tips Pemeliharan

Cara meningkatkan jarak tempuh, penggunaan dan keamanan.

Kunci untuk mendapatkan hasil maksimal dari aset ban Anda adalah perawatan yang tepat. Perawatan konstan akan membuat ban Anda bergulir lebih lama. Jika Anda mengikuti langkah-langkah dasar kami untuk perawatan ban, ban Anda dapat memberikan jarak tempuh maksimum, keausan dan keamanan untuk truk Anda.

 

Pemompaan yang tepat: langkah terpenting dalam pemeliharaan ban.

Banyak masalah ban saat ini disebabkan oleh tekanan ban yang kurang diperhatikan. Tidak ada ban atau ban dalam yang benar-benar tahan terhadap hilangnya tekanan udara. Untuk menentukan tekanan pompa yang tepat, semua truk harus ditimbang.

 

Bagaimana menimbang truk Anda

Pastikan untuk menimbang kendaraan Anda, terisi penuh, dalam skala. Setiap poros, depan dan belakang, dan trailer harus ditimbang secara terpisah. Berat kotor as roda sebenarnya harus dibandingkan dengan data ban produsen untuk menentukan tekanan inflasi yang dibutuhkan.
Beban yang dibawa masing-masing ban gandar depan masing-masing harus diperhatikan. Jika kapasitas pengangkut muatan maksimum ban berada di bawah berat skala aktual, ban kapasitas dukung yang lebih besar harus digunakan, baik indeks muatan yang lebih tinggi (rentang beban atau rating lapis) atau ukuran ban yang lebih besar.

 

Efek tekanan udara kurang

Tekanan udara yang kurang akan membuat dinding samping melengkung. Efeknya, ditambah panas yang terlalu tinggi, dapat carcass loyo dan merosot.

 

Efek tekanan udara berlebih

Carcass ban akan lebih rentan terhadap kerusakan terhadap guncangan dan keausan.

underinflation

underinflation

 

Ban aus

Ban aus disebabkan oleh adanya gesekan antara jalan dan ban saat bergulir. Gesekan didasarkan pada berbagai hal, termasuk karet ban, beban ban, inflasi, dan pengaruh sistem mekanis (seperti pelurusan dan permukaan jalan).
Untuk mencapai keausan ban yang optimal, ban harus benar-benar sejajar posisinya, memiliki tekanan yang pas, dan membawa beban yang beratnya tidak melebihi ketentuan. Hal ini akan menciptakan jejak yang jelas, dan berat angkutan terbagi merata di atas telapak untuk memaksimalkan usia ban. Memang begitulah adanya. Tonton video di bawah ini untuk mempelajari dasar-dasar penggunaan ban, dan temukan bagaimana kesejajaran ban mempengaruhi keausan ban.

 

Pentingnya pemeriksaan ban dan roda

Pemeriksaan sebelum berangkat bisa membantu menjaga keamanan perjalanan dan uptime, terlebih bila ada peraturan yang mengaturnya. Pastikan Anda memiliki alat pengukur tekanan udara, lalu ikuti langkah-langkah berikut.

 

6 langkah pemeriksaan sebelum perjalanan:

1. Periksa ban Anda untuk tahu tekanan ban yang tepat. Jika ban 20% di bawah target PSI, itu dianggap datar dan harus diganti. Selain itu, ban ganda harus berada dalam jarak 10 PSI satu sama lain.

2. Periksa tutup katup Anda untuk memastikannya sudah benar-benar tertutup erat.

3. Periksa keausan telapak dan periksa kedalaman telapak yang tepat, untuk mempelajari dasar-dasar pemakaian ban.

4. Periksa apakah ada goresan ban atau tonjolan di dinding samping.

5. Periksa kondisi roda dan baut. Pastikan tidak ada karat atau penyok.

6. Periksa komponen suspensi.*

 

Keenam langkah pemeriksaan pra-perjalanan: